Nikah Yuuukkk!!!

Satu-persatu teman-temanku memilih mengakhiri petualangannya sebagai single. Mereka menemukan pecahan jiwanya masing-masing dan mengambil langkah untuk menuju jenjang yang lebih serius. Akhirnya mereka memutuskan untuk menikah.

Nikah??? kedengarannya kata ini adalah sesuatu yang paling ditunggu-tunggu bagi setiap laki-laki maupun perempuan. Meski kadang kata “nikah” tak dapat menjanjikan hidup yang bahagia namun tampaknya orang-orang tak perduli. Karena sepertinya mereka juga yakin meski tak menjanjikan kebahagiaan, nikah juga tak menjamin akan “kesedihan”.

Takut??? Yah setiap orang yang hendak menikah pasti akan merasakan perasaan2 takut. Ini adalah hal yang wajar, karena nikah memang bukan untuk sehari atau dua hari. Karena setiap qta berharap nikah sekali untuk selamanya, untuk di dunia dan di akhirat.

Salah satu sahabatku mengatakan ia takut hak-haknya dan kebebasannya akan terenggut begitu dia menikah. Padahal nikah bukan membatasi hak dan kebebasan. Nikah hanya membuat qta lebih bertanggungjawab menggunakan hak dan kebebasan qta.

Mau sampai kapan qta terus merasa takut untuk melangkah menuju masa depan yang lebih baik. Sekalipun qta menunda hingga bertahun-tahun, rasa takut tak akan hilang, ia akan tetap menghampiri qta saat qta memutuskan untuk melangkah ke pernikahan.

Qta semua tak pernah tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Qta hanya meraba kemudian mengatur strategi dan berharap yang terbaik. Qta percaya Allah telah mengatur yang terbaik untuk qta.
Kadang qta berkata, sepertinya belum saatnya untuk menikah. Atau terkadang qta bertanya, apakah ini memang waktunya?Percayalah, gak akan pernah ada waktu yang tepat untuk menikah jika qta tak pernah berani mengambil keputusan.

Begitu ada kesempatan untuk menikah, ambillah segera. Karena begitu qta melepas kesempatan itu, qta gak akan tahu kapan kesempatan kedua akan datang. Jangan pernah takut salah mengambil keputusan. Karena setiap keputusan memiliki resiko, dan keputusan yang salah tak selamanya buruk. Keputusan yang salah akan membuatmu lebih dewasa dan lebih bijak di masa mendatang.

Jodoh memang telah ditentukan oleh Allah, namun kita juga tak tahu kan kapan, dimana, dan dengan siapa??. Jadi, gak ada salahnya juga kita berusaha menggapai jodoh itu, dan berharap itulah yang juga menjadi takdir-Nya. Jangan biarkan rahasia Allah tetap menjadi rahasia selamanya. Cobalah untuk membukanya.
So, yuk trus ikhtiar semampu kita. Kemudia serahkan pada Allah yang akan menentukan hasilnya. Yakinlah, Allah tak akan menyia-nyiakan usaha kita untuk menggapai kebaikan.

Tapi, jangan lupa perbaiki kualitas diri juga ya, biar jodoh yang menghampiri kita juga berkualitas 😉

Advertisements